Keamanan proses Packing Produk Agensia Hayati Trichoderma harzianum

Keamanan proses Packing Produk Agensia Hayati Trichoderma harzianum

oleh

CAHYO ARTHO NUGROHO

 

Trichoderma harzianum adalah salah satu produk pengendali hayati berbasis mikroorganisme dari golongan jamur.  Usaha-usaha perbanyakan massalnya telah banyak dilakukan. Hal tersebut seiring dengan kemajuan perkembangan penggunaan agensia pengendali hayati dalam mengendalikan organisme pengganggu tumbuhan (OPT).  Selama ini Aplikasi Trichoderma harzianum dianggap aman bagi hewan dan manusia.  Tidak banyak laporan yang memberitakan bahwa terjadi efek merugikan akibat aplikasi jamur Trichoderma.

Belum banyak kajian yang meneliti tentang efek dari aplikasi jamur Trichoderma pada hewan dan manusia saat proses pengendalian OPT .  Akan tetapi dalam pembiakan massalnya ternyata ada pengaruh negatif dari spora jamur Trichoderma harzianum terhadap manusia.  Saat proses packing tidak dapat terhindarkan bahwa petugas pengemas jamur akan menghirup debu spora jamur Trichoderma harzianum. Debu yang berupa spora jamur Trichoderma harzianum berukuran sangat kecil, pada beberapa literatur disebutkan bahwa ukuran spora jamur Trichoderma harzianum berkisar antara 1-3 mikrometer.  Dengan ukuran spora tersebut maka spora masih dapat terhirup oleh petugas pengemas walaupun telah memakai masker, selama ini masker yang digunakan adalah masker standar.  Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya spora yang mengumpul di saluran pernafasan, di dalam hidung.

Beberapa gejala gangguan kesehatan yang diakibatkan kontak dengan debu spora jamur Trichoderma harzianum adalah sebagai berikut:

  1. Jika terkena mata, pada beberapa orang akan mengalami iritasi, rasa gatal yang sangat dalam jangka waktu tertentu, dan akan dirasakan secara periodik.
  2. Jika terhirup, pada penderita sesak nafas atau asma maka penyakit tersebut akan kambuh dalam beberapa jam setelah proses pengemasan. Dan pada orang yang sehat tergantung pada daya tahan tubuhnya saat proses pengemasan tersebut.
  3. Demam
  4. Rasa tidak enak badan
  5. Nyeri pada persendian
  6. Lemas dan tidak bergairah.

Beberapa gejala yang dirasakan oleh petugas pengemas Trichoderma harzianum mungkin disebabkan oleh aktivitas spora jamur Trichoderma harzianum.  Spora-spora jamur Trichoderma harzianum mempunyai daya viabilitas yang sangat tinggi.  Pada media buatan seperti Potato Dekstrose Agar  (PDA) dan Sabouraud Dekstrose Agar (SDA) spora akan segera berkecambah setelah minimal 3-4 jam.  Pada air murni setril akan berkecambah setelah 6-8 jam pertama.  Sedangkan pada kondisi yang tidak sesuai atau kondidsi yang ekstrem spora akan membentuk struktur tahan yang disebut dengan klamidospora dan pada kondisi dengan tingkat kompetisi yang tinggi dengan mikroorganisme yang lain maka setelah berkecambah jamur akan mengeluarkan toksin untuk mempertahankan diri dan memenangkan kompetisi.

Nah dengan beberapa efek yang dirasakan oleh petugas pengemas setelah menghirup debu spora jamur Trichoderma harzianum maka sebaiknya perlu ditetapkan prosedur keamanan pengemasan jamur Trichoderma harzianum dan beberapa Agensia hayati berbasis jamur. Beberapa peralatan yang dapat digunakan sebagai pengaman petugas saat mengemas jamur Trichoderma harzianum adalah:

  1. Masker yang mampu menyaring spora jamur Trichoderma harzianum yang berukuran 1-3 Mikrometer, sebagian orang menyebutnya dengan sebutan masker babi.
  2. Kacamata pelindung
  3. Baju laboratorium.
  4. Penutup kepala.

Selain itu disarankan untuk segera mengkonsumsi susu segar setelah melaksanakan pengemasan jamur Trichoderma harzianum, jika mengalami gangguan kesehatan yang dirasa berat maka perlu segera mengubungi dokter.  Dengan demikian untuk keamanan bersama maka diperlaukan lokasi khusus untuk mengembangkan jamur Trichoderma harzianum secara massal.  Demikian tulisan ini dibuat untuk sekedar menginformasikan bahwa ada efek negatif yang dirasakan saat melakukan pengemasan jamur Trichoderma harzianum. Semoga bermanfaat bagi pengembang dan produsen jamur Trichoderma harzianum.

 

 

 

2 responses to “Keamanan proses Packing Produk Agensia Hayati Trichoderma harzianum

  1. ternyata ada efek negatif dari penggunaan trichoderma,,,saya baru tahu. terima kasih infonya ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s